Sabtu, 12 April 2014

Perbekalan Hidup



Perbekalan Hidup

Semakin jauh kita melangkah,semakin banyak pula godaan en hambatan yang kita hadapi, so supaya kita makin mahir dalam ngendarain  perjalanan hidup kita di dunia ini, maka perlu kita persiapkan bekal-bekal untuk menuju hidup yang semakin baik.
Bekal-bekal tersebut di antaranya adalah:

*    Angan-angan yang besar
*    Ilmu yang manfa’at
*    Manajemen (pengaturan) yang sip
*    Anggap semua orang lebih baik dari kita
*    En’ yang terakhir adalah, Peduli pada sesame

Angan-angan yang besar
Sebenernya tuh kitabisa ngukurseberapa sih jauhnya cara pandang kita, cumin melihat apakah yang kita angan2 itu jumbo atau malah kerdil? Apabila kitalebih monomer satukan angan2 yang kecil dan menganaktirikan yang gede, makadapat di pastikan kalo kita itu cupet, contohnya kita mikir gini,; “ Besok harga sembako naik lagi nggak ya?” atau ,; “Gimana keberuntunganku tahun ini ya? Ada perubahan atau tetep aja?” tapi kita nggak mikir bagaimana keadaan kita besok kalo nerima buku catatan amal kita, dengan tangan kanan atau kiri? Dan apakah yang sudah kita siapkan buat  perjalanan panjang di alam kubur dan kiamat nanti? Kita ko’it netepin islam atau malah kafir? (naudzu billah)
Yang akhir-akhir itu tuh, yang namanya angan2 jumbo dan yang seharusnya masuk pada deretan pertama daftar  skala prioritas kita, serta nguasain akal pikiran kita.
So, kalo memang kita berpikiran jauh ke depan, maka yang bakal keluar pertama kali dari akal kita adalah angan2 besar dan ucapan sayonara buat angan2 kerdil kita. Tetapi, mesti kita akui , kebanyakan dari kita lebih mementingkan angan2 kerdil dari pada angan2 jumbo kita. Indikasinya ya kita jadi manusia kerdil juga.
kalo memeng kesedihan kita sebab keduniaan, kita mesti tahu bahwa rizqi tuh sudah di jamin sama Alloh, tapi kalo memang kesedihan kita sebab keakhiratan, semoga Alloh semakin menembah kesedihan kita dan pada akhirnya kita dapat mencaoai ridhoNya, Amin…
perlu kita tahu dunia itu remeh dan nggak seharusnya kita angan2. pikir aja deh, apakah Alloh akan memberikan makan buat nyamuk2 nakal en’ semut2 kecil dan dia akan melupakan kita? Nggak mungkin kan?
Terus, apa yang mesti kita perbuat? Yang semestinya kita lakukan adalah ngejalanin ibadah dan apa-apa yang di perintahkanNya pada kita, dan Dialah yang akan bergerak menjamin rizqi kita. Eits….tunggu dulu, bukannya ini provokasi tuk ninggalin usaha kita lho (al-asbaab dan al-ikhtisab), tapi berjalanlah dengan merendah dan hati yang tentrem, yang tenang dengan iman. Rijaalun laa tulhiihim tijaarotun wa laa bai’un ‘an dzikrillahi wa iqomish sholaati (Q.S An-Nuur, 37)

Ilmu yang manfa’at
Nggak semua ilmu itu dapet acungan jempol lho, tetapi ilmu yang dipuji dan di gadang2 adalah ilmu yang di barengi plus nuntun kita untuk takut pada Alloh ( tentunya ini kan yang harus kita cari en’ miliki). Firman Alloh innamaa yakhsyalloha min ‘ibaadihil ‘ulama’u (Q.S Faathir,28),
Tuh jelas kan kalo orang-orang yang berilmu(ulama’) adalah orang yang takut pada Alloh ? ini pun juga berdasar sabda rosul.; “Demi Alloh, sesungguhnya akulah di antara kalian yang paling mengerti tentang Alloh, dan aku pula yang paling takut padaNya”. Ini nih ilmu yang dapet title manfa’at yang ngebantuin kita ngedongkrak biar kita selalu beramal baik, ngewajibin kita untuk takut padaNya, dan ilmu ini pula yang ngelarang kita untuk nurutin hawa nafsu.
Dari itu dapat kita simpulkan bahwa ilmu yang manfa’at itu ilmu yang ngebuat kita semakin takut pada Alloh , nyemangatin kita tuk beramal baik en’ ngelarang kita nurutin hawa nafsu. Terus kita dapat berfikir, apakah ilmu kita sudah menuhin kriteria diatas ato malah kita nggak dapat tittle mabfa’at.
Oh, kalo emang ilmu yang kamu punya adalah ilmu yang cuman buat ngumpulin duit, terus ilmu biar punya kemahiran untuk debat, atau malah ilmu biar terkenal dan sebangsanya, maka nggak masuk nominasi ilmu manfa’at lah (nominasi aja nggak masuk, apalagi nyabet gelar “ilmu manfa’at Award” ya nggak mungkin tho yo?) ilmu macem gini itu lebih pantes di namain” pekerjaan”  betul…betul….betul….. ??
Wa nau’udzu billahi min ‘ilmin laa yanfa’ wa qolbin laa yakhsa’
Untuk bekal yang berikutnya agar hidup kita bejalan dengan baik dapat  kamu baca pada edisi bulan bintang yang akan datang,
So, jangan lupa ikuti terus rubrik ini agar ilmu kita semakin bertambah.

Bekal Hidup
Hidup memang penuh dengan tantangan ‘en hambatan, untuk itu kita harus siapin apa2 yang perlu kita butuhin untuk ngejalanin hidup ini. Setelah kemarin kita tahu dua bekal hidup yang kita siapin, kini perlu kita ketahui bekal hidup yang selanjutnya, yaitu
   Manajemen (pengaturana) yang sip
   Anggap semua orang lebih baik dari kita
   ‘En peduli pada sesama

Manajemen yang sip
Kalo perusahaan aja perlu di manajemenin, maka perjalanan kita di sirkuit kehidupan ini pun perlu juga ada manajemennya. Itu semua biar perjalanan kita makin lancer. Terus, manajemen itu ada dua macam, ikutin nich penjelasannya
Yang nomer satu : manajemen dunia buat dunia,contohnya nih, bila seorang ngumpulin dunia cumin buat mentereng-menterengan aja. So, setiap kali hartanya bertambah , makin keblinger ‘en tambah lalai aja nih orang sama Allah( padahal Alloh kan yang ngasih dia rizqi?). dan alamat manajemen keblinger ini adalah membuat orang ini makin jauh dari taqwa, dan bakalan merembet mengubah dia jadi lebih suka nurutin hawa nafsu atau melalaikannya dari salah satu rukun islam, sholat lah misalnya (naudzuu billah).
Dan yang nomer dua adalah : manajemen dunia ‘tuk akhirat, contohnya yang gampang adalah seorang sopir yang narik angkotnya biar dapet rizqi halal untuk ngisi perutny, terus dia juga seneng , ringan tangan ngebantuin orang2 yang lagi butuh bantuan.
Nah, kalo manajemen keblinger punya alamat, manajemen ini pun juga punya lho, yaitu nggak numpuk2 harta, dan orangnya bisa berubah wujud  ( eit…bukan powerranger,superman,spiderman de el el lho) tapi berubah jadi orang yang suka ngebantuin orang lain, ‘en dia juga lebih suka ngedahuluin kepentingan orang lain.
Cinta Alloh dan cinta dunia nggak akan bisa kumpuldalam satu hati, sama juga dengan air dan api yang nggak mungkin kumpul dalam satu wadah . terus harta yang bkita miliki jika kita belanjain di jalan Alloh itu seperti air susu yang di campur dengan air biasa, ia akan tetep jadi air susu dan nggak bakal berubah jadi air kencing kan…?

Anggap semua orang lebih baik dari kita
Karena kita hidup di dunia ini nggak Cuma hubungan dengan Alloh aja ( hablun minalloh ), tapi kita juga ada sangkut pautnya dengan sesame manusia ( hablun minannas), So kita perlu ngebaikinnya, salah satunya yaitu ditempuh dengan nggak nyombongin diri kita, kita nggak bakalan deh dapet nimbus bumi ‘en ninggi’in badan kita sampai setinggi gunung, innaka lan tahriqol ardho wa lan tablughol jibaala thuulaan (Q.S Al Isro’, 37) lagi pula kita juga nggak tahu akhir kita di dunia ini kan.
Kalo gitu, biar kita nggak nyombongin ‘en ngunggulin diri kita itu gimana?
Terus kok kita cumin di tuntut ngukur orang lain dengan timbangan emas itu maksudnya apa? Gini penjelasannya:
J Bila kita ngeliat pemuda, padahal bodi kita ini udah tua, maka kita harus mikir, ini orang masih muda dan tumbuh dalam taat pada Alloh, kalo pun di ngelakonin maksiat pasti dosanya lebih sedikit dari aku yang dosanya setumpuk gunung, gimana aku bisa di samakan sama dia??
J Tapi kalo kita ngeliat orang yang udah gede, sedangkan kita masih imut (cie…), maka kita harus tertancap bahwa dia lebih banyak ibadahnya dari pada kita, dan nggak di ragukan lagi kalo dia lebih baek dari pada kita.
J Terus kalo ternyata dia lebih pinter dari kita padahal kita gak patio ngrurusi, maka kamu harus ngaku kalo di itu ngerti apa yang nggak kita ngerti, hal yastawiil ladziina ya’lamuuna wal-ladziina laa ya’lamuuna, Opo to podo wong seng ngerti karo gak ngerti, kan yo jelas bedo tho…?
J Dan kalo keadannya berbalik, kamu yang pinter terus dia yang bodoh, kita kita harus mendem jero diri kita, gak boleh rumongso plus, ‘en  di barengi anggapan bahwa kalo pun dia ngelakonin maksiat, itu karena dia nggak ngerti ilmunya, lha sedangkan kita? Udah ngaji bolak balik tapi tetep aja nggak kapok ngelakonin maksiat, pasti kan tuntutan Alloh pada kita lebih kuat dari pada kepadanya.
J Begitu juga ketika kita mgeliat orang kafir, aksi yang mesti kita jalanin adalah beranggapan bahwa bisa jadi si kafir ini suatu saat masuk islam, jadi hidupnya selamet ‘en akhir hayatnya finish di garis kebaikan, sedangkan keadaan kita nanti..? Nggak tahu deh. Bisa jadi cahaya keimanan masih dapet kita genggem erat yang berarti kita juga selamat, ato malah keadannya berbalik 180 derajat, cahaya keimanan kita tercabut dari hati kita, akhirnya…dapet di ketahui deh kalo kita pasti hancur (naudzu billah)
Nah, itu tadi timbangan emas yang paling sip. Untuk siapa? Ya buat orang2 yang pengen selamet ati ‘en agamanya. Karena sesungguhnya ati itu berada dalam genggaman kekuasaan Alloh. Dia-lah yang berkuasa membolak-balikkan hati menurut kehendak-Nya, Yaa mushorrifal quluubi shorrif qolbii ilaa thoo’atika, ya muqollibal quluubi tsabbit qolbi ‘alaa diinika.Amiin……….

Peduli pada sesama
Peringatan nih bagi orang mukmin yang udah diberi kemudahan dalam rezeqi, ingat ,kalo Alloh telah memulyakanmu, ngebikin kamu kaya dan ngasih kamu nikmat tak terhingga. But semua nikmat dan kemulyaan yang telah kamu peroleh tuh bukan buat ngejadiin kamu makannya kayak binatang, karena itu lebih pantas jadi sifatnya orang kafir, nggak orang bersyukur. Tetapi kemulia-an yang sesungguhnya itu bila kamu bisa lebih baek dan lebih taqwa, inna akromakum ‘indallohi atqokum.
Terus buat kamu-kamu wahai manusia yang tamak dan rakus, alangkah baiknya dan kamu bakalan dapet acungan jempol, kalo kamu ngebuang (ngasih) kelebihan kebutuhanmu buat tetangga kamu supaya mereka dapet ngemanfa’atinnya, kesehatan kamu pun dapat terjaga, dan tentunya kamu punya harapan tuk dapat pahala  dari tuhanmu, untungnya lagi dadamu jadi lapang dan hatimu pun tenang, terus kamu bakalan hidup ditengah masyarakat dengan titel terpuji, dicintai, beruntung en bahagia.
So kamu udah tahu sendiri kalo orang yang pelit itu terkecam dan nggak disenengin orang lain, nggak ngecualiin keluarganya sendiri (tuh nggak enak kan?), bahkan bisa jadi mereka tuh nggak seneng hidup serumah dengan si pelit itu, atau yang lebih parah lagi mereka berharap si pelit ini lekas mati. Dan Alloh pun nggak seneng sama orang yang keterlaluan dalam nikmatin kesenengan , Wa kuluu wasy robuu wa laa tusrifuu, innalloha laa yuhibbul musrifiina.
Orang yang dermawan itu dekat dengan alloh, dekat dengan manusia dan juga ama surga. Kalo orang pelit, jauh dari alloh, jauh dari sesame dan dekat dengan neraka.
Terus solusi yang baex kita harus gimana?? Setelah merhatiin nasehat diatas ,cocoknya kita ngikut ngendikane rosul aja, “ Aktsiruu min dzikri hadlimil ladzdzaati” , perbanyaklah nginget perkara yang ngancurin kenikmatan, apa itu? Ajall…!!
Itu lah tiga bekal yang harus kita siapkan setelah kemarin kita dah tahu bekal hidup yang pertama en kedua, moga ja kita selalu dapat menyiapkan bekal untuk hidup yang lebih baex dan akhirnya menjadi hamba alloh yang mendapat ridhonya.Amiinnn….!!!

Bul@n Bint@ng
Majalah Mini Anak Santri Salafi
 

Analisis Kejadian dengan Asma'ul Husna

UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
( UNDARIS )
FAKULTAS AGAMA ISLAM
Sekretariat : Jl. Tentara Pelajar No.13 Telp ( 024 ) 76912117 Ungaran Kode Pos 50514


Nama                   : Muhamad Ulil Abshor
NIM                     : 13.61.0012
Mata Kuliah        : Ke-UNDARIS-an
Dosen                   : Drs. Abdul Karim, M.H


KHITANANKU

            Aku dikhitan saat umur 12 tahun, saat itu aku kelas 5 naik kelas 6 SD. aku ikut khitanan massal yang diadakan remaja masjid didesaku, para peserta khitan yang jumlahnya mencapai 50 anak di khitan oleh 10 dokter dari Demak dan Jepara. Tepat hari sabtu acaranya dimulai, acara dimulai dengan Pengajian Akbar, yang dihadiri oleh Bapak Bupati Demak. Kemudian iqrar iman dan islam untuk semua peserta khitan yang dipimpin / dibimbing oleh Pak Kyai. Kemudian dilanjutkan dengan pawai keliling desa menggunakan kuda yang dihias. Setelah acaranya selesai akhirnya tibalah waktu untuk dikhitan. sampai ditempat khitan mulailah timbul perasaan takut untuk dikhitan, tapi ternyata tanpa terasa aku sudah selesai dikhitan.

            Sampai dirumah, malam harinya keluargaku mengadakan syukuran dengan membuat acara kecil – kecilan, hanya tetangga dan sanak famili saja yang diundang. Banyak tetangga yang menjengukku, mereka ada yang memberi sarung, baju muslim, makanan dan uang. Alhamdulillah tepat setelah 3 hari dikhitan, aku dan ayahku pergi ke dokter untuk kontrol, dan ternyata sudah sembuh dan sudah bisa dilepas perbannya. Pulang dari kontrol aku mampir ke pasar membeli peralatan sekolah, tas, sepatu dan buku tulis dari uang yang aku dapat dari pemberian saudara dan tetangga.


Analisis kejadian menggunakan Asmaul Husna :

  1. Ya Rohman artinya Yang Maha Pemurah / Pengasih.
Sifat belas kasih dan kasih sayang yang ditunjukkan oleh remaja masjid yang mengadakan acara khitanan massal didesa, menunjukkan bahwa ada rasa kasih sayang terhadap anak-anak didesaku. sebagaimana Allah memberikan sifat pemurah / pengasihnya kepada para remaja tersebut.

  1. Ya Qudus artinya Yang Maha Suci.
Khitan adalah membersihkan najis yang menempel pada setiap anak adam laki-laki yang ada dikulup kemaluan, dengan khitan maka diri kita akan suci dan dinamakan baligh, sehingga kita melakukan ibadah hukumnya wajib. Dari situlah sifat Allah yang maha Suci dari semua mahluknya.

  1. Ya Salam artinya Yang Maha Selamat.
Perasaanku yang takut akan rasa sakit pada saat dikhitan ternyata hilang, dan tanpa terasa semuanya sudah selesai, dan Allah yang maha menyelamatkan dari rasa sakit itu. Selamat dhohir dan selamat batin karena aku telah menghilangkan najis yang menempel.

  1. Ya Mukmin artinya Yang Maha Melimpahkan Keamanan.
Keamanan yang berlangsung mulai dari acara khitanan, pengajian, karnaval dan proses khitan bukan lain adalah rasa aman yang telah diberikan Allah kepada kita, aman Hati nurani, sehingga bias menjalankan syariat yang telah diwajibkan.

  1. Ya Bari’ artinya Yang Maha Menjadikan / Melepaskan.
Dari sebelum baligh menjadi baligh sebab dikhitan, melepaskan segala kewajiban agama yang bergantung pada orang tua, dan mulai ditanggung sendiri. Menjadi anak yang lebih Sholeh.
  1. Ya Musawwir artinya Yang Maha Pembentuk.
Proses khitan adalah menghilangkan kulup yang menempel di kemaluan setiap anak laki-laki, pembentukan / perubahan yang menghilangkan penyakit / kotoran yang masih menempel pada kemaluan.

  1. Ya Wahhab artinya Yang Maha Penganugrah / Pengkarunia.
Khitanan massal yang begitu meriah, merupakan anugrah bagi kita semua untuk disyukuri. Itu merupakan anugrah yang besar bagiku dan teman-temanku, karena kita bisa karnaval keliling desa dengan naik kuda

  1. Ya Rozzaq artinya Yang Maha Pemberi Rizqi.
Dengan dikhitan aku mendapat beberapa Sarung, baju dan uang sehingga bisa membeli peralatan sekolah, tas, sepatu dan buku tulis, rizqi berupa uang itu aku pergunakan dengan sebaik mungkin agar bisa bermanfaat untuk membantu proses belajarku disekolah.

  1. Ya Alim artinya Yang Maha Mengetahui.
Pendidikan Agama pada anak kelas 5 adalah thoharoh / sesuci, dari situlah aku tahu akan makna kesucian dan kebersihan, sehingga aku sebagai anak muslim harus melaksanakan kebersihan / kesucian tersebut, salah satunya yaitu dikhitan.

  1. Ya Basit artinya Yang Maha Melimpahkan Nikmat.
Nikmat yang aku dan keluargaku terima sangatlah banyak, mulai dari nikamt iman islam yang menjalankan perintah nabi dan mengikuti / itba’ nabi Ibrahim, nikmat mendapat keberkahan dari doa Pak Kyai yang hadir di pengajian, serta nikmat jasmani dan rohani sehingga bisa mengadakan Syukuran bersama dirumah.

  1. Ya Sami’ artinya Yang Maha Mendengar
Kabar tentang adanya kegiatan Khitanan Massal yang diadakan oleh REMAS didesaku tersebar luas, target 50 anak pun terpenuhi bahkan ada yang tidak kedaftar, semua berkat pemberitahuan disetiap lingkungan RT/RW dan diumumkan lewat musholla, semua masyarakat bisa mendengar dan antusias untuk mengikuti. Begitu juga denganku yang mendapat/mendengar kabar dari guru madrasahku.

  1.  Ya Adlu artinya Yang Maha Adil
Semua anak tidak ada yang dibedakan, baik itu dari kalangan orang kaya dan miskin mendapat hak yang sama seperti anak-anak yang lain. Proses khitan pun berjalan sesuai dengan nomer urut daftar ulang kepada panitia.

  1. Ya Latif artinya Yang Maha Lembut / Halus
Semua anak yang belum dikhitan pasti beranggapan bahwa khitan rasanya akan sakit sekali, karena dipotong sebagian dagingnya, akan tetapi setelah aku menjalaninya, ternyata tidak, bahkan waktu dipotongpun tidak terasa sama sekali, sangat pelan halus dan teliti.

  1. Ya Halim artinya Yang Maha Penyabar / Aris
Setelah dikhitan dan sebelum sembuh total semua aktivitasku dibantu oleh ibuku dan nenek, mulai dari mandi, makan dang anti pakaian. Sifat sabar/ aris yang ditunjukkan mereka menunjukkan bahwa mereka sayang kepadaku.

  1. Ya Syakur artinya Yang Maha Bersyukur / Berterima Kasih.
Kegiatan syururan yang diadakan keluargaku adalah bentuk syukur bil arkan, setelah kami sekeluarga menjalankan syukur bil lisan dengan menyebut alhamdulillah. Karena semua nikmat yang diberi allah kepada kita wajib kita syukuri bersama. Untuk itu aku dan keluargaku mengundang tetangga dan sanak famili untuk merasakan besarnya nikmat yang kami terima.

  1. Ya Karim artinya Yang Maha Mulia
Bentuk kemuliaan ada 4, dan salah satunya adalah qudus ala qudus, manusia satu dengan manusia lainnya, dengan menghadirkan Pak Kyai untuk Mauidoh Khasanah dan Bupati Demak untuk menyambut pada acara tersebut, panitia sangat memuliakan dan menghormati atas kedatangannya, sehingga menyambutnya dengan penuh kemuliaaan.
  1. Ya Mujib artinya Yang Maha Pegkabul
Acara demi acara pelaksanaan khitanan massal berjalan dengan lancar dan ditutup dengan acara do’a, yang intinya semoga anak yang dikhitan lekas sembuh dan benar-benar menjadi anak yang sholih berguna bagi nusa dan bangsa terutama agama.

  1. Ya Wadud artinya Yang Maha Mengasihi / Penyanyang.
Menabur cinta antara sesama muslim adalah prilaku yang diajarkan oleh nabi, sehingga REMAS didesa mencontohya dengan menabur cinta antara masyaraka satu dengan masyarakat yang lain engan mengadakan acara tesebut, sehingga tahu akan makna kebersamaan dalam islam. Menyayangi yang lebih kecil dan menghormati yang lebih tua.

  1. Ya Syahid artinya Yang Maha Menyaksikan.
Proses iqrar para peserta khitan menjukkan kesaksiannya bahwa tiada tuhan selain Allah dan menyakini bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dan iqrar tersebut disaksikan oleh semua masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

  1. Ya Wakil artinya Yang Maha Mengurusi.
Kegiatan yang telah direncanakan kurang lebih 4 bulan itu akhirnya suxses, semuanya berkat kerja keras dan tanggung jawab panitia yang telah melaksanakan tugasnya masig-masing. Serta mengurusi semua yang menjadi tanggung jawab bersama.

  1. Ya Qowiy artiya Yang Maha Kuat.
Penanaman aqidah mulai dari sejak dini adalah proses pembentukan iqtiqod anak agar kuat dalam memegang teguh ajaran-ajaran islam. Sehingga ketika anak menghadapi masalah dia akan tetap teguh berpegang pada aqidah yang ditanamkan oleh orang tua. Seperti halnya penanman aqidah yang ditanamkan oleh remaja masjid kepadaku dan teman-temanku untuk menjalankan sunnah nabi ibrahim yaitu di khitan.

  1. Ya Mubdi’u artinya Yang Maha Pencipta dari Asal / Memulai.
Mulai dari khitan inilah aku semakin tahu atas kewajibanku sebagai seorang muslim, karena seorang muslim mulai dari aqil baligh tanggung jawabnya sudah mulai ditanggung sendiri. Ini adalah awal dari semua ibadah yang aku laksanakan.

  1. Ya Muid artinya Yang Maha Mengembalikan
Bukan berarti karena dikhitan daging yang telah dipotong tidak bisa kembali, tetapi Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya ciptaan, sehingga semua yang dijalani menurut syariat agama islam pastilah sangat benar. Setelah dikhitan allah mengembalikan daging tersebut dngan bentuk yang lebih indah.

  1. Ya Dzahir artinya Yang Maha Dzahir / Tampak.
Secara dzahir khitan adalah menghilangkan segala penyakit yang disebabkan oleh kotoran yang masih tersisa dikulup setiap anak laki-laki, dengan khitan maka bisa menghilangkan penyakit tersebut, tampak jelas khitan sangat berpengarus terhadap kesehatan jasmani dan rohani.

  1. Ya Batin artinya Yang Maha Batin / Tidak Kelihatan Dzatnya.
Dari segi kedokteran khitan merupakan cara efektif untuk menghilangkan penyakit, namun secara agama khitan merupakan proses perkembangan batin anak dari yang belum baligh menuju aqil baligh. Agar anak / aku mempunyai perilaku yang ditauladankan oleh nabi. Karena khitan merupakan cara secara syariat agar ibadah seseorang diterima oleh Allah SWT.

  1. Ya Barru artinya Yang Banyak Membuat Kebajikan / Kebaikan.
Dilingkungan masyarakatku mungkin karena mayoritas seorang muslim, maka adat istiadat untuk saling membantu satu sama lain masih kental berlaku, sehingga setiap ada tetangga / masyarakat yang mempunyai kegiatan apapun kita sama-sama saling membantu, dengan diadakannya kegiatan khitanan massal panitia mengharapkan agar masyarakat bersama-sama untuk saling membantu anak-anak yang kurang mampu untuk melaksanakan khitan bersama-sama tanpa memandang itu dari golongan orang kaya maupun orang miskin, demi menciptakan kebersamaan / kebaikan bersama.

  1. Ya Rouf artinya Yang Maha Pengasih serta Penyayang.
Bentuk kegiatan kemasyarakatan yang ditunjukkan oleh REMAS didesa, merupakan rasa bentuk kasih sayang dari yang lebih tua kepada anak-anak, dengan memberi hadiah kepada setiap anak yang dikhitan dan menujukkan rasa kasihsayng terhadap setiap muslim baik dikalangan tua maupun anak-anak.

  1. Ya Jami’ artinya Yang Maha Mengumpulkan.
Pelaksanaan Khitanan Massal merupakan bentuk solidaritas masyarakat, dana kegiatan tersebut dari pengumpulan sumbangan dari beberapa pihak dan masyakaat desa, PEMDES juga berpartisipasi untuk mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Sehingga panitia dalam mengumpulkan dana tidak terlalu kesulitan karena kegiatan tersebut dilaksanankan setelah panen bawang merah.

  1. Ya Ghoniy artinya Yang Maha Kaya.
Para donator yang terkumpul dari golongan ‘Agniya’ hadir dalam proses acara demi acara kegiatan tersebut, Agniya’ inilah yang memprakarsai atas terselanggaranya kegiatan tahunan ini. Dengan bantuan para agniya’ inilah panitia tidak terlalu kesulitan dalam mencari dana untuk acara khitanan massal ini.

  1. Ya Nafi’ artinya Yang Maha Memberi Manfa’at.
Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi aku dan teman-temanku khususnya, umumnya bagi semua kalangan masyarakat di desaku. Bagiku dengan khitan aku bisa merasakan manfaat yang aku terima setelah penyebab penyakit dihilangkan, kemudian kembali menuju kesucian hati dengan melaksanakan perintah nabi, aku dan teman-temanku bisa menikmati arti hidup dengan penuh kebersamaan. Manfaat yang lainnya, masyarakat yang kurang mampu untuk mengkhitan anaknya bisa terbantu dngan adanya kegiatan tersebut.

  1. Ya Hadi artinya Yang Maha Memberi Petunjuk.
Adanya Mauidhoh Khasanah dari Pak Kyai, saya dan masyarakat lebih tahu tentang ajaran-ajaran Islam yang telah dibawa oleh Nabi Muhammad kepada kita salah satunya tentang kebersihan yaitu khitan. Mauidhohnya juga mengajarkan agar aku dan teman-temanku setelah dikhitan nanti bisa menjadi anak yang berguna bagi agama serta nusa dan bangsa dengan belajar yang sungguh-sungguh.

  1. Ya Rasyid artinya Yang Maha Pandai / Pintar.
Dengan kenaikan kelasku dari kelas 5 menuju kelas 6, aku semakin rajin untuk belajar karena akan menghdapi Ujian Nasional. Maka uang yang aku dapatkan dari pemberian saudara dan tetangga aku gunakan untuk membeli peralatan sekolah. Karena dengan sekolah itulah aku bisa menambah wawasan. Ilmu Pengetahuan dan Ahlak yang baik, sehingga nantinya bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, harapan mereka kepadaku tak lain hanyalah agar aku bisa mengetahui mana perkara yang baik dan mana perkara yang buruk, dngan menyekolahkanku di sekolah umum serta mendidik pendidikan agama di Madrasah Diniyah.

  1. Ya Shobur artinya Yang Maha Sabar / Penyabar.
Arti kata sabar sangatlah banyak, sabar ala toat, sabar ala maksiat dan sabar ala musibah. Dengan adanya kegiatan yang jumlah pesertanya 50 anak ini, maka peserta yang daftar ulangnya terahir akan dikhitan terahir pula, dia harus rela menunggu dengan sabar sampai dengan nomer urut yang diterima dari panitia. Karena tenaga medis / dokter yang mengkhitan hanya ada sekitar 10 saja. Para orang tua juga harus sabar mendampingi anaknya sampai anaknya selesai di khitan dan kembali ke rumah kemudian 3 hari sesudahnya juga harus mengantar anaknya untuk kontrol.

WIRID LENGKAP SHOLAT FARDHU

WIRID SHOLAT FARDHU "Perumpamaan antara orang yang dzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup dan ya...